6 Keistimewaan Surah Al Fatihah, Salah Satunya Jadi Pengobat Penyakit

6 Keistimewaan Surah Al Fatihah, Salah Satunya Jadi Pengobat Penyakit
Dalam Al Qur'an ada 114 surah yang semuanya berisi panduan hidup untuk kaum muslim. Salah satunya surah yang diagungkan yaitu surah Al Fatihah.
 
Surah Al Fatihah terbagi dalam 7 ayat yang di turunkan di Makkah. Surah ini juga mempunyai beberapa nama lain yakni Ummul Qur'an, Ummul Kitab, as-Sab'ul Masani, al-Kafiyah, dan asy-Syifa.
 
Lalu apa keistimewaan surah Al Fatihah? Berikut penjelasan dari rumah-muslimin.com yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.
 

1. Sebagai penyempurna sholat

 
Kewajiban kaum muslim melakukan sholat dengan tata langkah yang betul dan benar-benar. Sholat yang prima bisa menjadi penyelamat pada hari kiamat nantinya.
 
Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Siapa saja sholat tetapi tidak membaca Ummul Qur'an (Al Fatihah), karena itu salatnya kurang, tidak prima." (Muslim bin al-Hajjaj an-Naisaburi, Sah Muslim).
 
Kisah itu searah dengan arti surah ini sebagai pembuka Al Qur'an. Karena itu, melewati surah yang ini di setiap rakaat membuat sholat jadi cacat.
 

2. Allah SWT akan merestui hajat baik yang disuruh hambanya

 
Allah SWT demikian menyukai kaum muslim yang melaksanakan ibadah cuman kepada-Nya, seperti mempraktikkan surah Al Fatihah di kehidupan setiap hari. Karena, surah kelompok Al Makiyyah ini berisikan masalah keagungan Allah SWT sebagai Tuhan semua semesta alam.
 
Seperti sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Hurairah, "Sebenarnya Allah sudah berfirman, ‘Aku membagikan (kandungan arti) surah Al Fatihah untuk-Ku dan untuk hamba-Ku jadi dua sisi, selanjutnya Saya akan merestui apa yang hamba-Ku pinta."
 
Lewat surah Al Fatihah, Allah SWT menyeru ke semua kaum muslim supaya tiba dan tergantung kepada-Nya di keadaan apa saja. Barang siapakah yang jadikan ayat-ayat itu sebagai wirid dengan penuh rasa tulus, pasti Allah SWT akan merestui hajat baik yang disuruh.
 

3. Untuk menyinari dan melonggarkan pendam

 
Saat seorang wafat, cuman ibadah saat hidup yang dibawa dan jadi penyelamatnya. Sebagai tambahan perbekalan penolong di akhirat dan di alam pendam, kaum muslim bisa lakukan wirid surah Al Fatihah 100 kali dengan teratur.
 
Hal itu dipertegas pada ayat ke-5 surah Al Fatihah yang mengeluarkan bunyi:
 
اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ
 
Iyyāka na'budu wa iyyāka nasta'īn.
 
Maknanya: Cuman ke Engkaulah kami menyembah dan cuman ke Engkaulah kami meminta bantuan.
 
Lewat ayat itu, Allah SWT menyeru ke semua kaum muslim untuk tiba dan meminta bantuan kepada-Nya semata-mata. Dengan niat segenap hati, bukan hanya untuk masalah dunia, tetapi berharap keluasan dan jelas dalam pendam.
 

4. Sebagai obat pengobat penyakit

 
Kelebihan surah Al Fatihah bisa dilihat dari beberapa nama yang lain dipunyainya. Salah satunya yakni asy-Syifa yang memiliki arti penawar atau pengobat (dari penyakit), dan ar-Ruqyah yang maknanya mengobati dari semua toksin hewan, sichir, dan tindakan syirik.
 
Seperti cerita salah seorang teman dekat Rasulullah SAW yang pulih dari sengatan kalajengking sesudah dirukyah dengan bacaan Al Fatihah. Hal itu ikut diriwayatkan oleh Abu Malik ibu Umair dalam kitab Fadhoil Suwar wa Ayat Qur'aniyah jika, "Surah sebagai pembuka dalam Al Qur'an adalah obat dari segala hal, surah itu ialah Al Fatihah."
 
Cerita itu diperuntukkan supaya semua kaum muslim yang sedang dirundung ujian seperti penyakit, supaya banyak-banyak ingat Allah SWT. Dengan meminta kemurahan-Nya segenap hati, pasti makin lama akan diringankan semua penyakitnya.
 

5. Dipermudahkan saat belajar dan menuntut pengetahuan

 
Semenjak kecil kita telah diperintah untuk berdoa saat sebelum belajar, minta supaya dipermudahkan dalam mempernyerap ilmu dan pengetahuan. Satu diantaranya dapat dengan membaca surah Al Fatihah, di mana ditujukan supaya kita memulai segala hal dengan ingat Allah SWT, Si Pemilik kehidupan.
 
Hal itu dipertegas pada ayat pertama Al Fatihah yang mengeluarkan bunyi:
 
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
 
Bismillāhir-rahmānir-rahīm.
 
Maknanya: "Dengan menyebutkan nama Allah Yang Maha Penyayang, Maha Pengasih."
 
Allah SWT sukai dengan hambanya yang selalu mengikutsertakan-Nya dalam soal duniawi. Karena sebagus-baiknya pembina dan pemberi panduan hanya Allah SWT.
 

6. Sebagai penenang hati dan peredam emosi

 
Hati yang tidak tenang dan hati gampang emosi sebenarnya suatu hal yang dicintai oleh setan. Pemicunya, karena iman yang rendah hingga tidak mempunyai cukup tameng kesabaran dan gampang tersulut emosi. Surat yang mempunyai nama lain Al Kafiyah atau pencukup ini menjadi bacaan wirid saat dirundung kegundahan.
 
Dengan membaca surat ini, sama dengan tengah berdoa, memanjatkan puji dan minta ampunan ke Allah SWT, Si Pemilik Kehidupan. Hati dan pemikiran yang terpusat kepada-Nya akan membuat lupa pada kegundahan dan emosi.
 
Demikian keistimewaan surah Al Fatihah jika teratur diamalkan. Sebagai surah yang diagungkan dalam Al Qur'an, yok mulai amalkan banyak-banyak dari sekarang ini.

 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 17 November 21 - 14:00 WIB
Dalam Kategori : KEISTIMEWAAN SURAH AL FATIHAH
Dibaca sebanyak : 206 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback